Menghilangkan Riwayat Penelusuran Di Google

https://media3.s-nbcnews.com/j/newscms/2017_14/1958821/afp_nd1qf_0bf3de7723e73d1f622cd5c8ebe168bf.nbcnews-ux-2880-1000.jpg
Setiap orang sepertinya merasakan love-hate relationship dengan Google. Raksasa internet ini, dengan semua layanannya, punya semua data tentang kita sebagai pengguna setianya.

Jika Anda merasa sedikit khawatir mengenai seberapa banyak informasi tentang Anda yang dimiliki layanan Google, Anda setidaknya bisa sedikit mengurangi riwayat penelusuran dan data di Google dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

1. Pertama, kunjungi halaman utama untuk menemukan data dan riwayat penelusuran Google di tautan myactivity.google.com. Jika sudah berada di halaman ini, lebih baik menandainya sebagai bookmark untuk memudahkan bersih-bersih secara berkala.

2. Log in dengan akun Google, pilih data yang ingin dilihat. Untuk mengaksesnya, klik pilihan di sudut kiri atas halaman.

Begini Cara Bersih-bersih Jejak Digital di Google

Dari sini, kita bisa memilih opsi apa yang ingin dilihat, seperti aktivitas aplikasi dan web, aktivitas suara dan audio, informasi perangkat, riwayat penelusuran lokasi, serta video YouTube yang ditonton atau dicari.

3. Setelah memilih salah satu data yang ingin dilihat, misalnya aktivitas audio dan suara, baca dengan teliti, informasi apa saja yang dimiliki layanan tersebut tentang Anda. Anda harus menentukan apakah informasi tersebut perlu disimpan atau dihilangkan.

Begini Cara Bersih-bersih Jejak Digital di Google

4. Nah, jika Anda ingin data dan informasi tersebut dihapus, klik tiga titik di sudut kanan atas halaman, pilih opsi hapus (delete).

Begini Cara Bersih-bersih Jejak Digital di Google

5. Di sini, Anda bisa menentukan berapa banyak informasi yang ingin dihilangkan. Kita bisa memilih berdasarkan harian (today, yesterday) atau waktu lebih spesifik dengan memilih advanced untuk mingguan, bulanan bahkan selamanya (4 weeks, all time)

Begini Cara Bersih-bersih Jejak Digital di Google

Pilih sesuai yang diinginkan, dan data serta riwayat penelusuran yang tak diinginkan pun hilang.

Langkahnya mungkin sedikit membingungkan, tapi cukup mudah untuk dijajal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar