Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Alami

Bekas luka dapat muncul karena berbagai sebab. Seperti terjatuh, teriris pisau saat sedang memasak, atau terkena knalpot motor. Luka bekas jerawat yang iritasi juga dapat menimbulkan bekas pada wajah. Untuk menghilangkan bekas luka memang sulit. Dalam kurun waktu satu tahun saja, bekas luka belum tentu bisa dihilangkan.

Jika ada beberapa bekas luka yang membandel, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dermatologist untuk melakukan tindakan pada bekas luka secara efektif. Atau, Anda juga bisa menggunakan cara alami untuk menghilangkan bekas luka. Namun, jika memilih untuk menyembuhkan luka dengan cara alami, Anda harus bersabar dan rajin. Penggunaan yang tidak teratur tentu tidak akan membuahkan hasil.

Yang harus Anda ketahui, bekas luka tidak akan hilang dalam waktu satu malam. Apalagi jika bekas luka yang sudah lama, pasti akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk menghilangkannya. Inilah bahan-bahan alami yang dapat Anda temukan di dapur untuk menyembuhkan luka.

1. Baking Soda
Jika menginginkan obat yang dapat menghilangkan luka dalam waktu seminggu, baking soda bisa menjadi pilihan utama. Buat pasta dari satu sendok makan baking soda dan tiga sendok makan air. Aplikasikan ramuan ini di bekas luka dan gosok selama beberapa menit. Jangan terlalu kasar ketika Anda menggosoknya. Lalu bilas dengan air hangat.

2. Madu
Madu memang terkenal bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Dan madu juga bisa menghilangkan bekas luka. Gunakan madu alami untuk dicampurkan dengan oatmeal dan air. Lalu aplikasikan ke bekas luka Anda. Jika Anda baru saja terkena luka akibat panas, seperti terkena knalpot, terbakar, atau tersiram air panas, segera oleskan madu alami agar luka Anda tidak berbekas.

3. Lidah Buaya
Manfaat getah lidah buaya bagus untuk rambut dan kulit. Untuk mengurangi bekas luka, getah lidah buaya juga bekerja dengan baik. Ambil getah lidah buaya lalu oleskan ke bekas luka Anda. Pengaplikasian selama semalaman dapat memberikan hasil yang tidak mengecewakan.

4. Timun
Dikutip dari BoldSky, timun juga dapat membantu Anda dalam mengurangi bekas luka. Tidak hanya mencerahkan bekas luka dari kulit, tapi juga meninggalkan efek rileksasi. Anda bisa menggunakan jus timun sebagai toner atau letakkan irisan timun untuk mengobati bekas luka.

5. Bawang
Kandungan mineral sulfur yang ada di bawang putih dapat membantu memperbaiki kolagen yang rusak. Ketika produksi kolagen meningkat, bekas luka bisa lebih cepat hilang. Craa menggunakannya, iris bawang dan haluskan. Celupkan kapas ke dalam bawang yang sudah halus ke bekas luka, diamkan selama beberapa saat kemudian bersihkan. Anda bisa mengulangi proses ini beberapa kali.




Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar