Batik Indonesia dan Tantangan Perkembangan Zaman

Kerajinan khas di Indonesia tak terhitung banyaknya. Namun, masih belum ada yang menyaingi batik sebagai kerajinan khas yang sudah mendunia. Lantaran mendunia, bahkan UNESCO menobatkannya sebagai salah satu warisan kebudayaan yang harus dijaga eksistensinya. 

Dibuat dari tangan-tangan kreatif para pembuatnya, batik tak pernah absen dalam tren perkembangan fashion dunia. Para pembuat salah satu kerajinan khas Indonesia yang satu ini selalu saja punya gagasan yang menarik agar bisa membuat batik tak kalah saing dengan mode pakaian lainnya. 

Misalnya, yang dilakukan Batik Keris, salah satu produsen batik Indonesia yang terus menerus mengikuti perkembangan zaman dalam urusan produk. Misi mereka, memang bertujuan luhur. Mereka punya tujuan melestarikan dan menggali budaya bangsa melalui seni desain dan pakaian. 

Buktinya, mereka tak hanya menyediakan batik sebagai pakaian formal, mereka juga menyediakan kemeja batik santai untuk acara-acara non formal. Jadi, bagi mereka tak ada alasan untuk tidak memakai batik.

Bagi Anda para wanita, jangan khawatir tak kebagian jatah. Mereka juga menyediakan pakaian wanita seperti dress dan blouse yang pas untuk Anda yang ingin selalu tampil anggun dan tetap menghargai warisan kebudayaan yang ada di Indonesia. 

Dengan banyaknya produsen-produsen batik yang selalu punya gagasan yang baru, kerajinan khas di Indonesia yang satu ini tampaknya tak akan tenggelam dalam perkembangan dunia modern. 

Apalagi, jika para figur publik terus mempopulerkannya. Seperti Paris Hilton dan Jessica Alba yang secara mengejutkan adalah pecinta batik. Kita diuntungkan dengan figur publik seperti mereka yang rajin mengenakan batik dalam setiap penampilannya. 

Di Indonesia, kita punya tokoh-tokoh publik seperti desainer Ivan Gunawan dan Hedi Yunus yang turut aktif mempopulerkannya. Di kalangan anak muda, nama Daniel Mananta dan Iga Massardi juga turut mengkampanyekan pemakaian batik sebagai warisan asli Indonesia. 

Ujung-ujungnya, dengan banyaknya tokoh yang mempopulerkan kerajinan khas yang satu ini, batik akan terus hidup dan eksis sebagai kerajinan khas yang mendunia.

Namun, tak hanya tokoh publik yang cuma punya kewajiban melestarikan kain batik sebagai kerajinan khas Indonesia, Anda sendiri, juga punya tanggung jawab untuk ikut menjaganya. Jadi, apa aksi Anda untuk melestarikan kain batik?

Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar