Empat Alasan Mengapa Anda Harus Menjaga Kebersihan AC

Berbeda dengan orang yang hidup di negeri empat musim, masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah negara tropis ini harus menghadapi cuaca panas hampir sepanjang tahun. Berada di tengah bola dunia, Indonesia menjadi salah satu negara dengan paparan cahaya matahari paling tinggi. Terutama di wilayah-wilayah metropolitan di mana lahan hijau makin langka ditemui.

Untuk dapat bertahan hidup di tengah cuaca yang panas ini, alhasil banyak warga Indonesia yang memutuskan untuk memasang pendingin ruangan di rumah, maupun di kantor. Ya, untuk orang Indonesia, pendingin ruangan atau yang sering disebut dengan istilah AC ini telah menjadi salah satu hal krusial dan kunci kenyamanan di manapun orang-orang berada. Namun mau di manapun AC dipasang, yang terpenting adalah bagaimana AC tersebut dirawat oleh pemiliknya.

Anda tentu sering mendengar bahwa pendingin ruangan harus selalu dalam kondisi bersih, namun pernahkah Anda bertanya, “mengapa?” Apakah mungkin cuci AC diperlukan semata-mata agar tidak kotor saja? Ataukah ada alasan-alasan lainnya? 

Untuk Anda yang pernah bertanya-tanya perihal alasan mengapa perangkat AC harus dibersihkan, artikel ini akan memberikan jawabannya untuk Anda!
  1. Meningkatkan efisiensi energi
    Salah satu perbedaan yang mencolok antara AC yang bersih dan kotor dapat terlihat dari konsumsi energi masing-masing. AC yang bersih akan dapat bekerja dengan maksimal tanpa menghabiskan banyak energi. Filter udara dan condensor di dalam AC tidak harus menyaring udara yang masuk dari tumpukan debu. Hal ini membuat keduanya dapat bekerja maksimal dengan hanya membutuhkan daya energi yang tidak terlalu besar.
    Sebaliknya, jika perangkat AC kotor, maka setidaknya komponen filter udara dan condensor harus bekerja lebih keras untuk memproduksi udara dingin dan sejuk karena keduanya harus menyaring udara yang masuk dari debu.
    Dengan demikian, alasan pertama mengapa Anda harus selalu menjaga kebersihan AC Anda adalah untuk menghemat energi. Jika penggunaan energi dapat Anda hemat, tentunya Anda akan berhemat pula pada pengeluaran Anda untuk biaya listrik.
     
  2. Memperpanjang daya guna AC
    Alasan kedua mengapa Anda harus selalu menjaga kebersihan AC Anda adalah untuk membuatnya lebih awet. Seperti yang telah Anda tahu, dalam kondisi bersih, filter udara dan condensor tidak harus menyaring udara yang masuk dengan debu yang begitu banyak. Hal ini ternyata juga dinilai dapat memperpanjang daya guna perangkat AC Anda. AC yang awet akan menunda kepusingan Anda untuk segera mengganti perangkat setelah beberapa tahun masa pemakaian.
     
  3. Meningkatkan kualitas udara
    Selain masalah teknis seperti di atas, hal lainnya yang juga menjadi alasan mengapa Anda harus membersihkan AC Anda adalah untuk meningkatkan kualitas udara di rumah atau kantor Anda.
    Di rumah, kondisi udara sangat berperan penting untuk kelangsungan kesehatan dan perkembangan keluarga Anda. Udara yang sejuk, steril dan berkualitas dapat menunjang kondisi kesehatan keluarga dan menjauhkan anggota keluarga Anda dari penyakit-penyakit respirasi. Keadaan udara yang baik juga akan membuat Anda sekeluarga merasa kerasan berada di dalam rumah untuk bercengkerama atau bersantai-santai ria.
     
  4. Menekan biaya perbaikan yang cukup mahal
    Alasan terakhir untuk selalu menjaga kebersihan AC Anda adalah mahalnya biaya perbaikan AC ketika rusak. Dengan selalu menjaga perangkat AC tetap bersih, Anda dapat menekan biaya reparasi sekecil mungkin. Telah disebutkan sebelumnya bahwa AC yang bersih akan cenderung lebih awet, bukan? Nah, AC yang awet tentu tidak akan membutuhkan banyak service dan biaya perbaikan.
Demikianlah keempat alasan penting mengapa Anda harus selalu menjaga kebersihan perangkat AC Anda. Dengan selalu membersihkan dan mencuci AC secara rutin, ternyata begitu banyak keuntungan yang dapat Anda tuai. Mulai sekarang, jangan pernah menyepelekan masalah kebersihan AC, ya!
Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar