Penyebab Timbulnya Salju pada Kulkas

Apakah Anda sering kali menemukan salju saat membuka kulkas? Khususnya pada bagian freezer, bunga es itu muncul. Bila dibiarkan makin lama akan makin tebal sehingga mempersempit area frezer. Bukan itu saja, efeknya juga bisa membuat kulkas gampang rusak. 

Mengapa hal kulkas bisa bersalju dan bagaimana solusinya? 

Penyebab terjadinya bunga es pada kulkas adalah karena udara luar yang sering masuk ke dalam kulkas. Misalnya saat kita membuka kulkas maka udara dari luar itu akan masuk ke dalam kulkas dan kemudian meningkatkan kadar uap. Akibatnya kemudian bisa menimpulkan salju di dalam kulkas. Hal serupa juga bisa terjadi kalau kita sering memasukkan makanan atau minuman panas / hangat ke dalam kulkas. 

Sekarang sudah tahu kan penyebabnya? Mungkin Anda sekarang cengar-cengir sendiri karena penyebabnya justru karena ulah kita sendiri. 

Nah penting diketahui juga kalau dibandingkan antara kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu, biasanya kemungkinan munculnya bunga salju itu lebih besar pada kulkas 1 pintu. Sebab pada kulkas tersebut biasanya tidak dilengkapi dengan fungsi defrost. 

Walau demikian bukan berarti kulkas 2 pintu bebas dari masalah bunga es ini. Kulkas tersebut tetap bisa mengalami timbunan bunga es. Penyebabnya bisa karena fitur defrost tidak berfungsi optimal atau mungkin ada komponen tertentu yang rusak atau sudah berfungsi dengan tidak normal. Akibatnya, bunga es dengan mudah bisa muncul.

Lalu apakah fenomena kulkas dengan bunga es ini dialami untuk segala merk kulkas? 

Jawabannya iya. Mau merk apapun jika memang kulkas tersebut tidak memiliki fungsi defrost atau fitur tersebut sudah tidak dapat bekerja dengan baik, potensi munculnya bunga es itu akan tetap besar. Jadi, mau kulkas merk LG, Polytron, Sharp maupun merk lainnya, hal tersebut mungkin terjadi. Malah, pada beberapa kasus cukup sering bunga es ini muncul pada kulkas merk Sharp dan Polytron. 

Lalu bagaimana agar kulkas tidak sampai bersalju? Tetap penting untuk memperhatikan fungsi defrost tadi. Karenanya kalau Anda mau beli kulkas baru, simak apakah kulkas tersebut dilengkapi dengan fungsi defrost. Paling tidak dengan keberadaan fitur tersebut akan sangat membantu untuk mencegah salju es itu muncul di dalam kulkas. 

Di samping itu yang tak kalah pentingnya adalah sebisa mungkin minimalkan untuk membuka pintu kulkas. Hindari juga memasukkan makanan atau minuman yang masih hangat atau panas. Sebaiknya Anda tunggu hingga dingin, baru anda boleh memasukkan makanan/minuman itu ke dalam kulkas. Dan atur suhu di dalam kulkas sesuai kebutuhan. Hindari untuk menyetel suhu yang terlalu dingin sebab bisa mempercepat munculnya salju kulkas tadi.

Nah, kalau sudah telanjur misalnya muncul bunga es di dalam kulkas, berikut ini cara terbaik mencairkan bunga es tersebut.

Untuk kulkas 2 pintu, Anda masih bisa gunakan fungsi defrost pada kulkas. Dengan catatan tentunya fitur tersebut masih bisa berfungsi dengan baik. 

Tapi kalau misalnya sudah tidak berfungsi optimal atau kulkas tersebut tidak memiliki fungsi defrost, Anda bisa matikan kulkas tersebut dan kemudian buka pintu kulkas lebar-lebar. Anda bisa sekalian membersihkan bagian dalam kulkas tersebut. Tunggulah hingga bunga es itu menghilang dengan sendirinya. 

Memang waktu yang dibutuhkan akan lumayan lama. Karena itu sebaiknya untuk kegiatan membersihkan bunga es (salju) pada kulkas ini dilakukan di hari libur atau waktu senggang. Misalnya sejak pagi, Anda mulai mematikan kulkas dan membersihkan bagian dalamnya. Seteah itu tunggulah sampai bunga es tersebut mencair atau hilang dengan sendirinya. Begitulah cara ampuh untuk membersihkan bunga es yang menempel pada kulkas.

Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar