Hal – Hal yang Harus Diperhatikan dalam Meminjam Uang

Perfodev - Mengajukan pinjaman uang bukanlah sebuah keputusan yang mudah. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertama, pikirkan matang-matang apakah Anda sangat membutuhkan uang pinjaman atau tidak. Kedua, Anda bisa mengajukan pinjaman uang jika benar-benar diharuskan untuk membayar kebutuhan lain. Ketiga, pastikan Anda mampu membayar kembali uang yang telah dipinjam dengan mengkakulasikan seluruh keuangan yang Anda miliki. Dari ketiga pertimbangan ini, pastinya akan lebih mudah untuk memutuskan besaran dari uang yang akan dipinjam.


Jenis – Jenis Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya Anda untuk mengetahui beberapa jenis pinjaman. Tidak hanya bank, ternyata masih ada tempat lain yang akan memberikan pinjaman uang secara aman. Beikut adalah jenis-jenis pinjaman yang akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan:

1. Pinjaman dari Bank dengan Jaminan

Jenis pinjaman yang paling umum adalah pinjaman uang dari bank dengan jaminan. Jenis pinjaman ini merupakan pinjaman yang juga mengajukan kendaraan bermotor atau aset properti sebagai jaminan. Saat Anda mengajukan sejumlah uang untuk dipinjam dengan bank, biasanya akan diberikan perjanjian tentang pembayaran dan bunga yang didapat. Jika, Anda melanggar perjanjian atau melewati batas yang sudah dijanjikan maka aset yang Anda jadikan jaminan menjadi hak milik bank sebagai “denda” yang harus Anda bayarkan.

Sama dengan jenis pinjaman lain, pinjaman dari bank dengan jaminan ini juga memiliki bunga. Namun, bunga yang diberikan sedikit ringan dari pinjaman tanpa jaminan yakni sekitar 9 hingga 12 persen. Dengan kebijakan yang telah diberikan, pastikan Anda membayar kembali sesuai tenggang waktu yang diberikan untuk menghindari ditariknya aset yang menjadi jaminan. 

2. Pinjaman dari Bank Tanpa Jaminan

Selain dengan jaminan, Bank juga memberikan jenis pinjaman tanpa jaminan. Tanpa harus memberikan aset properti atau kendaraan bermotor yang dimiliki, Anda sudah bisa mengajukan sejumlah dana pinjaman. Sistem yang diberlakukan pun sebenarnya tidak berbeda degan pinjaman dengan jaminan dari bank. Namun, pinjaman tanpa jaminan ini memiliki besaran bunga yang lebih besar dibandingkan dengan jenis pinjaman dengan jaminan. Jenis pinjaman tanpa jaminan ini menawarkan bunga sekitar 10 hingga 23 persen dari jumlah pinjaman yang diajukan. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk memilih tenor cicilan dengan waktu yang tidak terlalu panjang untuk jenis pinjaman dari bank tanpa jaminan ini. Jika Anda mengambil tenor cicilan dengan waktu yang panjang, maka dikhawatirkan jumlah pengembalian akan membengkak. 

3. Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Belakangan ini, sudah diperkenalkan pelayanan pinjaman secara online yang membantu Anda untuk mendapatkan sejumlah uang pinjaman. Pinjaman online ini menjadi salah satu pilihan pinjaman yang sangat cepat dan tanpa presyaratan yang terlalu banyak. Jika sebelumnya Anda akan melalui proses yang panjang dengan persyaratan yang menumpuk, maka dengan menajukan pinjaman secara online ini Anda tidak membutuhkan banyak waktu dan persyaratan untuk mendapatkan sejumlah uang. Pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan uag dalam keadaan mendesak.

Cara kerja dari layanan pinjaman uang secara online ini pun cukup mudah. Anda biasanya hanya membutuhkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan data pribadi yang diperlukan. Tidak ada slip gaji ataupun persyaratan yang membingungkan lainnya. Cukup log in dengan akun yang sudah Anda buat sebelumnya dan Anda sudah bisa memilih besaran pinjaman yang akan diajukan beserta tenggang waktu yang diinginkan. Setelah itu, Anda akan disodorkan beberapa pemberi pinjaman yang sesui kriteria yang Anda ajukan. Setelah memilih sumber peminjaman, pengajuan Anda akan segera diproses. Setelah seuluruh pengajuan disetuji, dalam waktu kurang dari 24 jam uang yang Anda ajukan sudah cair dalam rekening Anda. Sangat mudah, bukan?

Selain itu, pinjaman online ini juga tidak akan melihat catatan Anda dengan pinjaman sebelumnya. Jadi, bagi Anda yangs edang terkena blacklist atau bermasalah dengan Bank, pinjaman online ini bisa menyambung keadaan. Seperto halnya pinjaman lain, pinjaman tanpa jaminan non bank tanpa kartu kredit ini juga memberikan bunga. Namun, bunga yang diberikan sangat beragam sesuai dengan sumber pinjaman yang Anda miliki.

Tips Mengajukan Pinjaman Uang dengan Tepat

Setelah mengetahui beberapa jenis pinjaman, Anda bisa memutuskan dari ketiga jenis tersebut. Agar lebih tepat meminjam uang dari bank atau biro pinjaman, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:


  • Tentukan Besaran Pinjaman 

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah jumlah pinjaman yang akan diajukan. Pastikan jumlah pinjaman sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki. Perhitungkan dengan matang besaran jumlah pinjaman karena akan mempengaruhi besaran jumlah pengembalian beserta bunga yang diberikan.  

  • Sesuaikan Jumlah Pinjaman dengan Penghasilan yang Anda Dapatkan

Setelah mendapatkan besaran jumlah pinjaman, jangan lupa untuk memperhitungkan pendapatan yang Anda miliki. Hal ini tentunya harus diperhitungkan dengan matang karena akan melihat kemampuan Anda untuk membayar kembali jumlah pinjaman yang sudah diajukan. Pastikan Anda tidak memotong habis pendapatan Anda setiap bulan hanya untuk membayar kembali pinjaman yang Anda miliki. Carilah jumlah pinjaman yang tepat yang nantinya tidak akan terlalu memakan habis pendapatan Anda. Jika Anda hanya membutuhkan setengah dari jumlah pendapatan Anda untuk kebutuhan sehari-hari, maka Anda bisa menggunakan 25% hingga 30% dari sisa pendapatan yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda masih memiliki sejumlah uang untuk keperluan lain yang tidak terduga.   

  • Perhitungkan Jumlah Bunga dan Jangka Waktu Pinjaman

Jika Anda meminjam uang dari bank, maka Anda akan diberikan besaran bunga dan jangka waktu pinjaman yang sesuai. Namun, sebelum bergegas ke bank ada baiknya untuk memperhitungkan terlebih dahulu secara manual sehingga Anda tidak akan kerepotan saat mengajukan pinjaman. Setelah mendapatkan besaran jumlah pinjaman yang disesuaikan dengan pendapatan Anda, maka Anda bisa memperhitungkan beberapa kemungkinan jangka waktu dan bunga yang akan dimiliki.

Sebagai langkah cermat, Anda bisa membuat beberapa daftar kemungkinan dari besaran bunga dan tenggang waktu yang akan dimiliki. Belakangan ini, sudah banyak sekali mesin penghitung untuk dana pinjaman secara online. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mendapatkan angka yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda tentunya. 

Setelah mendapatkan jenis pinjaman dan bagaimana menentukan besaran dana pinjaman yang akan diajukan, pastikan Anda mendapatkan pinjaman dari bank atau biro pinjaman yang dapat dipercaya. Setelah itu, jalankan pelunasan sesuai dengan waktu yang diberikan. Hindari penumpukan tagihan yang akan menyusahkan Anda nantinya. Jenis pinjaman apapun itu, Anda harus menemuhi persyaratan dan perjanjian pengembalian yang telah disetujui dari kedua belah pihak. Oleh sebab itu, meminjam uang membutuhkan pemikiran yang  matang. Sekali salah melangkah, maka Anda akan kelimpungan untuk mengatur keuangan Anda dengan adanya tagihan pinjaman. Jenis pinjaman, besaran jumlah pengembalian, dan bunga menjadi aspek yang sangat penting untuk diperhatikan.
Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar