5 Tempat Wisata Bermain Anak di Solo

Perfodev - Solo dikenal sebagai Kota Batik yang ramah terhadap wisatawan. Selain Yogyakarta solo atau Surakarta juga menjadi salah satu tempat wisata bagi keluarga. 


Ada banyak tempat wisata bermain bagi anak di Solo yang bisa dikunjungi saat liburan ataupun saat menghabiskan akhir pekan. Mencari hotel murah di Solo pun tidak akan terlalu kesulitan karena banyak pilihan yang ditawarkan. 

Lalu apa saja tempat wisata bermain anak di Solo yang cocok untuk keluarga? Berikut adalah ulasannya.

1. Taman Satwa Taru Jurug 

Taman Satwa Taru Jurug adalah kebun binatangnya Kota Surakarta.  Seperti halnya beberapa kota besar yang memiliki kebun binatang kebanggaan, surakarta memiliki sebuah kebun binatang yang memiliki koleksi beberapa satwa dari berbagai daerah di Indonesia. 


Keunikannya Kebun Binatang ini berada di bantaran sungai Bengawan Solo yang sangat terkenal itu. Anak-anak hanya bisa belajar mengenal beberapa satwa namun juga bisa bermain bersama keluarga. Setelah lelah banyak wisatawan lelah keliling kebun binatang, banyak wisatawan yang memanfaatkan untuk piknik dengan menggelar tikar dan membawa bekal makanan dari rumah untuk disantap bersama. 

Kebun binatang di Surakarta ini memiliki harga tiket yang sangat terjangkau untuk semua kalangan. Harga tiketnya tidak lebih dari Rp10.000. Selain itu kebun Binatang ini memiliki beberapa wahana permainan anak-anak yaitu Taman Gesang. Taman tersebut didirikan untuk mengenang sang Maestro pencipta lagu Bengawan Solo. 

2. Keliling Solo dengan Bus Wisata 

Bukan hanya Jakarta dan kota Bandung saja yang memiliki bus wisata untuk berkeliling kota. Kota Surakarta memiliki bus wisata tingkat yang disebut Werkudura. 


Bus wisata Werkudura akan melewati beberapa tempat wisata unggulan seperti lokasi Keraton Surakarta, kampung batik di Kauman, museum mangkunegara, museum Radya Pustaka, dan juga beberapa tempat wisata populer di Solo. 

Harga tiketnya tidak terlalu mahal hanya sebesar Rp20.000 per-orang. Istimewanya lagi wisata ini bisa di charter untuk rombongan dengan harga yang sangat terjangkau. Wisatawan hanya tinggal melakukan booking terlebih dahulu di Kantor Dinas Perhubungan komunikasi dan Informatika kota Solo di Jalan Menteri Supeno nomor 7 Surakarta.

3. Pura Mangkunegaran 

Raden Saleh atau Pangeran Sambernyawa pernah membangun sebuah bangunan bernama pura Mangkunegaran. Bangunan ini berbeda dengan Keraton Solo yang digunakan sebagai pusat pemerintahan. Namun lokasinya sama-sama pusat kota. 


Pura Mangkunegaran desain lebih mewah dibandingkan dengan Keraton Surakarta yang masih mengusung nilai-nilai lokal. Bahkan beberapa materialnya didatangkan langsung dari benua Eropa dan juga merupakan bahan-bahan pilihan Seperti kayu jati asli yang didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia. 

Harga tiket masuknya cukup terjangkau. Anak-anak dan pengunjung bisa melihat beberapa peninggalan barang-barangnya yang masih sangat terjaga. Selain berfungsi sebagai museum pura Mangkunegaran juga menjadi tempat berkumpul dan tempat pagelaran seni budaya khas Surakarta seperti tarian Bedoyo. Pura Mangkunegaran buka sepanjang hari mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 02.00 siang.

4. Little Farm Playground 

Tempat bermain anak di Solo yang satu ini berada di pusat perbelanjaan Solo Paragon. Lokasinya berada di lantai paling besar. 

Perlu diperhatikan bahwa anak-anak bermain di tempat bermain ini diwajibkan membawa kaos kaki termasuk para pendampingnya. Meskipun namanya Little Farm playground namun tempat ini memiliki beberapa wahana permainan yang merangsang psikomotorik anak dan juga kognitif anak.


Bahkan tempat ini juga memiliki area tempat bermain pasir sehingga anak-anak bisa merasakan langsung pasir-pasir bersih seperti bermain di pantai. 

Harga tiketnya lumayan terjangkau untuk ukuran Kota Surakarta. Namun beberapa orang tua menganggap bahwa harga tiketnya cukup mahal karena hanya dibatasi untuk satu jam saja. Untuk satu kepala harga tiketnya dikenai Rp Rp45.000. Harga tersebut cukup sepadan dengan tempat bermain anak yang bersih rapi dan juga lengkap.

5. Pandawa Water World 

Anak-anak lepaskan dengan yang namanya bermain air. Salah satu tempat wisata bermain anak di Solo yang memang dikhususkan untuk anak-anak dengan bermain air. Pandawa Water World adalah tempat wisata keluarga yang cocok untuk anak-anak bermain air bersama-sama. 


Waterpark ini memiliki beberapa wahana yang disesuaikan dengan umurnya mulai dari untuk anak-anak untuk dewasa. Sehingga orang tua pun bisa bermain harga tiketnya cukup terjangkau mulai dari Rp80.000 hingga Rp100.000 pada akhir pekan. 

Secara keseluruhan Pandawa Water World memiliki sekitar 34 wahana yang bisa digunakan oleh anak-anak orang dewasa.

Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan food court, sehingga tak perlu keluar lagi untuk sekedar mengisi perut setelah lelah berenang seharian. Selain itu terdapat sebuah loker yang bisa di sewa untuk menyimpan beberapa barang. 

Yang menarik tempat ini juga memiliki sebuah tempat olahraga yaitu lapangan futsal yang bisa digunakan untuk tempat tanding. Selain lapangan futsal Pandawa Waterboom juga memiliki tempat fitness yang bisa digunakan untuk berolahraga.

Melihat keseruan tempat wisata anak di kota Solo, pasti akan lebih lengkap lagi jika dilanjutkan berwisata ke Pulau Dewata, Bali. Anda bisa mencari hotel di Pantai Kuta Bali dengan harga yang relatif miring. Kuncinya adalah booking hotel jauh-jauh hari hiburan.
Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar