Benarkah Sering Menggendong Bayi Itu Memanjakan? Fakta Manarik Tentang Seringnya Bayi Digendong

Perfodev - Kursi mobil bayi Mothercare bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang sering merasa kecapeaan jika harus menggendong bayi terus. Selain itu bagi Anda yang tidak ingin cepat capek saat menggendong bayi, gendongan bayi juga akan sangat membantu Anda. 

Apakah Anda sering mendapatkan nasehat seperti ini “Jangan sering digendong, biarkan saja dia belajar tidur sendiri” atau “Waduh, nangis minta gendong? Sudah bau tangan tuh!” atau “Hati-hati, nanti repot sendiri jaika dari bayi sudah sering digendong!”.


Pertanyaannya sekarang adalah benarkah sering menggendong bayi ini memanjakan? Apakah ada efek negatif untuk bayi yang sering digendong? Sebenarnya apa alasan dibalik semua nasehat-nasehat yang sepertinya ada kesan melarang untuk memberikan perhatian lebih dalam bentuk gendongan? 

Apapaun dibalik semua larangan tersebut, ternyata menggendong bayi ada banyak sekali keuntungan dan juga kebaikan. Jadi Anda tidak perlu merasa khawatir jika sering menggendong si kecil. Jika tidak ingin capek maka bisa disiasati dengan memanfaatkan gendongan bayi. 

3 Fakta Menarik Tentang Bayi Yang Sering Digendong


Ternyata meskipun kesannya banyak yang melarang, ada banyak keuntungan dan juga kebaikan. Diantaranya adalah:

1.    Membangun Keintiman

Gendongan bisa dikatakan sebagai salah satu ekspresi kasih sayang dari orang tua untuk buah hati tercintanya. Pada saat digendong, pertama-tama anak akan mengalami kontak fisik dengan orang tua yang menggendongnya. 

Bahkan bukan hanya sekedar kontak fisik saja, ternyata bisa lebih dari pada itu, si kecil dapat merasakan kehangatan serta kenyamanan dari sebuah pelukan erat. Selain itu, si kecil juga bisa merasa aman dalam perlindungan dekapan orangtuanya. 


Perlu Bunda pahami, anak belajar hangatnya cinta kasih ini pertama-tama dari orangtuanya. Pelukan merupakan sebuah bahasa kalbu. Anak bisa dengan mudah memahaminya tanpa orangtua terlebih dahulu perlu berkata-kata untuk mengungkapkannya. 

Tetapi meskipun demikian, jangan terlalu sering menggendong si kecil. Meskipun tersedia gendongan bayi yang bisa membuat Bunda tidak cepat capek, melatih bayi untuk mandiri juga perlu untuk dilakukan.

Supaya si kecil tidak menta digendong terus, Bunda bisa menyiasatinya dengan membarikannya mainan yang cocok untuk usianya. Jika bayi Anda sudah mulai aktif bergerak, kursi mobil bayi Mothercare bisa menjadi solusi yang tepat untuk Bunda pilih. 

2.    Menstimulasi Pekembangan

Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa bayi yang sering dipeluk ternyata pertumbuhannya bisa lebih baik jika dibandingkan dengan bayi yang jarang atau bahkan tidak menerima pelukan dari orangtuanya. 

Sebenarnya pelukan dan juga gendongan bukanlah sebuah “virus” yang bisa menggaggu pertumbuhan bayi, sebaliknya, keduanya merupakan “suplemen” istimewa yang dapat membantu si kecil berkembang dengan optimal. 


Pelukan dan gendongan ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada bayi. Bayi yang merasa aman dan nyaman akan memberikan dampak yang sangat baik untuk tumbuh kembangnya.
Selain pertumbuhan fisknya dipastikan akan berjalan dengan baik, perkembangan emosinya juga bisa dibangun berdasarkan relasi paing dekat dan juga paling awal yang dialami bayi di rumah. 

Maka dari itu, pelukan dan gendongan tentunya bukan hal yang merugikan, malah sebaliknya, akan membawa sejuta manfaat baik untuk si kecil dan juga untuk orangtuanya. 

3.    Mendirikan Kemandirian

Hasil riser perkawinan dari studi psikologi dan sosiologi membuktikan bahwa ternyata anak yang memiliki kedekatan dengan ibunya umumnya memiliki IQ yang lebih tinggi.


Dan ternyata anak yang memiliki kedekatan dengan ayahnya umumnya memiliki kecerdasan emosional yang lebih tinggi, akan lebih mandiri, dan berani mengekplorasi lingkungan sekitar.

Sederhananya, anak yang memiliki keintiman dengan kedua orangtuanya akan memiliki masa depan yang menjanjikan, akan tumbuh menjadi pribadi yang sehat fisik, emosi, dan kognitifnya. 

Meskipun demikian, supaya si kecil bisa lebih mandiri lagi, perlu alternatif lain untuk merangsangnya. Misalnya saja dengan memberikan kursi mobil bayi Mothercare yang bisa mendukung tumbuh kembang bayi dan membantu para orangtua yang pastinya kelelahan jika harus menggendongnya terus.
Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar