Ini Dia 3 Cara Penyambungan Pipa yang Tepat

Perfodev - Penyusunan instalasi air bersih dan sanitasi adalah hal yang penting dalam pembangunan. Anda memerlukan pipa dan sambungan pipa yang berkualitas agar instalasi bertahan lama. Untuk itu diperlukan juga cara yang tepat dan sesuai untuk menyambung pipa. Berikut ini beberapa cara yang tepat untuk menyambungkan pipa. 


1. Chemical Joint

Cara ini hanya dapat diaplikasikan pada pipa plastik atau PVC. Sesuai namanya, chemical joint menggunakan bahan kimia, dalam hal ini lem perekat atau solvent cement. Cara ini dianggap paling praktis dan mudah dilakukan. Tapi Anda harus berhati-hati memilih lem perekat agar sambungan untuk pipa tidak mudah lepas. 

Hal lain yang juga harus diperhatikan, jangan langsung memasang sambungan saat lem telah dibubuhkan. Tunggulah beberapa saat agar lem setengah mengering, baru pasangkan pipa dengan sambungannya. Ini dilakukan untuk menguatkan sambungan agar lebih tahan lama. 

2. Mechanical Joint

Cara penyambungan pipa ini menggunakan ulir atau drat untuk menyambungkan antar pipa. Anda dapat menggunakan sambungan untuk pipa berulir untuk menggunakan teknik ini. Memang cara ini tampaknya paling mudah. Tapi Anda perlu berhati-hati dan memastikan sambungan sudah terpasang erat dan sempurna. 

Selain itu, teknik ini dapat menggunakan baut yang disambungkan dengan fitting flange adaptor. Cara ini biasa digunakan untuk menyambungkan pipa dengan material berbeda. Meski agak jarang digunakan, fitting jenis ini cukup membantu jika Anda menggunakan jenis pipa yang berbeda dalam instalasi. 

3. Heat Fusion 

Cara penyambungan pipa ini menggunakan panas sebagai media perekat antar pipa. Teknik ini biasa digunakan pada pipa besi. Heat fusion terbagi tiga, poly fusion untuk pipa PPR, butt fusion untuk pipa jenis PE dan electro fusion yang bisa digunakan untuk berbagai jenis pipa besi mulai dari PPR, PE ataupun PA. 

Itulah 3 teknik cara penyambungan pipa. Sebagai saran, pilihlah teknik yang sesuai dengan pipa yang Anda gunakan. Jangan lupa perhatikan kualitas pipa dan sambungan pipa. Gunakan pipa air dari Rucika yang memiliki banyak varian jenis pipa dan sambungannya yang telah teruji kualitasnya. Selain itu, perhatikan pula beberapa hal penting ketika melakukan penyambungan pipa. Berikut informasinya: Ini 3 Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Menyambungkan Pipa.
Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar