Apakah Spesifikasi Samsung Galaxy S9 Lebih Gahar dari iPhone X?

Perfodev - Kejar-kejaran smartphone flagship antara Samsung dan Apple sepertinya tidak akan pernah mereda. Setelah iPhone X sukses membuat tren baru dengan poninya, Samsung resmi merilis Samsung Galaxy S9 untuk menggempur dominasi iPhone X yang sejak awal 2018 ditetapkan sebagai ponsel terbaik 2018. Buat yang bingung mau kredit hp Samsung Galaxy S9 atau iPhone X, bandingkan dulu spesifikasinya masing-masing.

Lalu, sejauh apa spesifikasi Samsung Galaxy S9 mampu menggeser iPhone X?


Di atas kertas sebetulnya Samsung Galaxy S9 sudah cukup banyak mengungguli iPhone X. Sebut saja dari prosesor, Samsung Galaxy S9 sudah mengusung Octa core (8), sedangkan iPhone X masih mengusung Hexa-core (6). Tapi, jangan terkecoh dulu, meskipun Samsung Galaxy S9 sudah mengusung core yang lebih banyak bukan berarti lebih unggul.

Ditambah lagi, dukungan RAM Samsung Galaxy S9 lebih besar 1 GB dibandingkan iPhone X yang hanya 3 GB memang lagi-lagi membuat Samsung Galaxy S9 lebih unggul di atas kertas. Samsung Galaxy S9 jauh lebih unggul dengan RAM 4 GB.

Samsung menggunakan dua prosesor antara Qualcomm Snapdragon 845 atau Samsung Exynos 9810. Perbedaan ini hanya masalah di negara mana kamu membelinya.

Hasil pengujian TrustedReview misalnya, menyebutkan bahwa score iPhone X dalam benchmark testing mendapatkan skor 4.257 dan 10.364 (pengukuran single-core dan multi-core Geekbench 4 test). Sementara Samsung Galaxy S9 harus puas mendapatkan skor 2.472 dan 8.424.

Nah, jadi meskipun di atas kertas Samsung Galaxy S9 lebih unggul bukan berarti lebih kencang kalau berbicara soal performanya. Malahan ketika menggunakan beberapa aplikasi iPhone X lebih smooth dibandingkan dengan aplikasi di Samsung Galaxy S9.  

Tapi jangan bersedih dulu ya para fans Samsung. Untuk kapasitas baterai pun Samsung Galaxy S9 sedikit lebih unggul dengan 3.000mAh sementara iPhone X hanya 2.716mAh.

Ringkasnya dari prosesor, RAM dan baterai, Samsung Galaxy S9 punya keunggulan dibandingkan dengan iPhone X di atas kertas. Tetapi saat pengujian justru iPhone X bisa mengeluarkan tajinya. 

Namun ada beberapa persamaan yang tak banyak disadari banyak orang. Samsung Galaxy S9 dengan iPhone X yang masih sama-sama mengusung ukuran layar 5.8 inci. Aspect rationya pun tak berbeda jauh lho.

Komparasinya untuk iPhone X mencapai 16:9 sementara Samsung Galaxy S9 mencapai 18,5:9. Begitu juga untuk rasio layar dengan bodinya memang jauh lebih besar Samsung Galaxy S9 yang bisa mencapai 84.51% lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone X yang 80.93%. 

Internal storagenya pun sama-sama di support dengan kapasitas penyimpanan sampai dengan 64 GB. Namun lagi-lagi Samsung Galaxy S9 lebih unggul karena sudah menyediakan Dual SIM. 

Satu kartu SIM utama dan slot kedua bisa digunakan juga untuk ruang penyimpanan tambahan yang bisa diupgrade sampai dengan 400GB. Yakin benar-benar dibutuhkan sampai sebesar itu?

Bicara soal kamera, iPhone X sudah menggunakan kamera ganda dengan resolusi 12 MP dan aperture f/1.8 yang cocok untuk low light. Salah satu kamera lainnya berperan untuk wide camera yang bisa menangkap latar belakang obyek foto lebih lebar lagi. Keduanya sudah disupport OIS atau Optical Image Stabilisation yang membuat  hasil foto serta video jadi lebih stabil dan mencegah blur.

Sayangnya Samsung Galaxy S9 hanya menyematkan satu kamera di belakang kecuali jika kamu memang ingin mendapatkan dua kamera, maka kamu perlu mengeluarkan sedikit uang lagu untuk memboyong Samsung Galaxy S9 Plus. Pastilah ada beberapa yang kecewa dengan keputusan Samsung nih.

Tapi, jangan berkecil hati dulu. Samsung justru memberikan kamera dengan aperture yang lebih canggih f/1.5 dan f/2.4. Tak berbeda seperti lensa kamera DSLR, dengan satu kamera saja, Samsung Galaxy S9 tetap bisa menghasilkan foto bokeh. Bahkan untuk soal low-light, single camera Samsung Galaxy S9 lebih unggul daripada dual camera iPhone X.

Yang pasti nih, harga Samsung Galaxy S9 tetap lebih murah jika dibandingkan dengan harga iPhone X. Soal performa tetap bisa diandalkan lah. Soal harga juga enteng, apalagi jika menggunakan kemudahan kredit hp Samsung dari Kredivo.

Enaknya kredit hp Samsung lewat Kredivo itu bunganya jauh lebih rendah 50% dibandingkan dengan perusahaan kredit non bank lainnya. Bunga cicilan hp Kredivo hanya 2.95% per bulan. Abis itu cicilannya juga lebih fleksibel sampai dengan 12 bulan. Perusahaan lain ada yang bisa kasih cicilan sampai 12 bulan tapi dengan bunga yang lebih tinggi, bahkan mencapai 1% per hari. Nah, pilih mana kalau sudah begitu?

Jangan buru-buru deh kalau mau kredit hp Samsung sebelum baca beberapa kemudahan yang diberikan oleh Kredivo di sini
Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar