Fungsi Oli Matic pada Kendaraan yang Harus Kalian Ketahui

Perfodev - Salah satu perawatan kendaraan adalah dengan mengganti oli. Karena kendaraan matic semakin banyak, maka kehadiran oli matic pun sangat terasa bermanfaat. Lalu, apa fungsi oli matic pada kendaraan? Itulah yang akan kita bahas di sini. 

Fungsi Oli Matic pada Kendaraan

Pengertian Oli Matic 

Oli matic adalah jenis oli yang didesain khusus untuk kendaraan automatic / matic. Kendaraan matic sendiri ialah kendaraan yang giginya dibuat otomatis sehingga penggunaannya lebih mudah dibanding kendaraan manual. 

Oli matic berperan sangat penting di sini supaya komponen-komponen yang terdapat pada kendaraan matic tetap terjaga dan awet serta handling giginya tidak macet. Pasalnya, oli matic akan membuat mesin kendaraan matic terasa lebih muda. 

Kegunaan Oli Matic 

Ada beberapa kegunaan oli matic untuk kendaraan. Bagi kalian yang peduli dengan kendaraan maticmu, pastikan kalian mengetahui kegunaan-kegunaan di bawah ini. Pertama, oli matic merupakan cairan yang terbuat dari zat yang bisa melumasi komponen mesin pada kendaraan matic yang telah haus atau kasar. 

Di sini, oli matic berberap membuat pergesekan antar komponen pada mesin agar menjadi halus dan menghilangkan karat pada mesin karena sudah lama tidak ganti oli. Itulah kenapa kalian perlu mengganti oli secara berkala dan rutin, terlebih untuk kendaraan matic. 

Fungsi kedua adalah membuat suhu mesin normal kembali. Jika kendaraan matic jarang diganti olinya, atau sering digunakan untuk perjalanan jauh, maka mesin akan mudah panas. Oli matic akan membuat suhu mesin yang panas tersebut dingin kembali, bahkan menjaganya tetap dingin saat digunakan. 

Selain itu, fungsi oli matic pada kendaraan matic adalah sebagai penghantar saat perpindahan gigi otomatis. Seperti kita tahu, jika pergantian gigi kendaraan matic macet, artinya sudah waktunya untuk mengganti oli. Pastikan kalian hanya menggunakan oli khusus matic. 

Pasalnya, oli matic juga bekerja sebagai penghantar perpindahan gigi otomatis pada kendaraan matic. Dibanding oli biasa atau oli transmisi manual, oli matic memiliki tugas lebih berat. Jika oli matic terlalu kotor atau sudah terlalu encer, daya lumasnya akan jauh berkurang sehingga oli cepat panas. 

Oli yang panas bisa membuat kampas kopling hidrolik & kampas rem kering atau haus. Kemudian, terjadilah gesekan kasar yang memicu suhu panas yang tinggi. Apabila dibiarkan, kampas tersebut bisa terbakar. Jika demikian, komponen ini tak bisa bekerja dan kendaraan menjadi mogok. 

Fungsi keempat adalah membuat usia mesin lebih panjang. Pasalnya, oli matic sangat efektif membuat mesin matic kembali lebih muda. Artinya, kendaraan bisa bekerja dengan normal layaknya baru. Poin ini sangat jelas bahwa oli matic membuat mesin lebih awet. 

Namun, perlu diingat bahwa oli matic harus diganti secara berkala dan rutin. Jika tidak, justru usia mesin bisa semakin pendek karena terjadi kerusakan-kerusakan komponen. Misalnya, kendaraan akan cepat panas, suara mesin terlalu keras, hingga asap knalpot sangat tebal dan kotor. 

Satu lagi, oli matic juga berfungsi untuk menghemat biaya. Bagaimana bisa? Disadari atau tidak, pergantian oli matic yang rutin akan membuat mesin dan komponen secara keseluruhan lebih awet. Jadi, perawatan lainnya pun akan lebih hemat biaya. 

Setelah mengetahui beberapa fungsi oli matic pada kendaraan, masihkan kalian ragu untuk menggunakannya? Jangan salah pilih, pastikan kalian hanya menggunakan oli matic pada kendaraan matic dan ganti oli matic secara rutin untuk keawetan yang lebih lama.
Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar