Ragam Tips Memaksimalkan Gimbal Stabilizer Kamera

Perfodev - Pernahkah Anda mendengar tentang gimbal stabilizer kamera sebelumnya? Nah, alat ini adalah salah satu aksesoris kamera yang tentu saja akan membantu Anda untuk menghasilkan hasil rekaman yang istimewa, stabil dan tentu saja berkelas. Saat ini, gimbal stabilizer kamera menjadi alat yang banyak dipilih dan tentu diandalkan. 

Namun, meskipun sangat membantu untuk memaksimalkan hasil rekaman, Anda tetap harus mengetahui cara untuk menggunakan gimbal stabilizer kamera ini. Beberapa kalangan masih belum memahami dengan baik bagaimana cara memaksimalkan alat ini sehingga kegunaannya pun kurang. Oleh karenanya, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tips untuk memaksimalkan penggunaan alat ini. 

Nah, bagaimana saja cara untuk memaksimalkan gimbal stabilizer kamera ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini. 

Gimbal Stabilizer Kamera

Tips Memaksimalkan Gimbal Stabilizer Kamera 

Sebagaimana disinggung di awal bahwa gimbal stabilizer kamera adalah salah satu alat yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan rekaman. Dengan menggunakan alat ini, tentu saja hasil rekaman Anda akan cenderung lebih bagus, tidak getar dan memuaskan. 

Nah, untuk memaksimalkan alat ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Menyeimbangkan kamera 

Salah satu cara yang paling penting untuk memaksimalkan gimbal stabilizer kamera adalah dengan menyeimbangkan kamera. Ini adalah hal yang bisa dikatakan sangat tepat dan tentu saja penting. Perlu diketahui bahwa semakin seimbang posisi awal dari smartphone, maka beban gimbal akan semakin kecil. Hasilnya, rekaman akan cenderung lebih maksimal. 

2. Pastikan bergerak 

Perlu diketahui bahwa gimbal stabilizer kamera memang didesain untuk mengurangi guncangan. Dengan demikian, maka hasil rekaman dari pergerakan akan menjadi lebih halus. Oleh karenanya, ketika Anda menggunakan stabilizer ini, maka manfaatkan untuk mereka footage sambil bergerak. Tentu, hasil rekaman ini akan cenderung terlihat lebih mulus dan memuaskan. 

3. Atur pergerakan 

Jika Anda merekam objek yang bergerak, maka penting bagi Anda untuk tetap mengatur pergerakan tersebut agar tetap stabil. Nah, dalam hal ini, meskipun sudah menggunakan stabilizer, gerakan tetap harus diatur sedemikian rupa. Jika Anda melakukan hal tersebut, tentu saja hasil rekaman akan cenderung lebih mulus. 

4. Kunci fokus dan exposure 

Ketika menggunakan gimbal stabilizer kamera, maka sebaiknya Anda mengunci fokus dan exposure. Ini merupakan tips yang sangat penting karena akan berdampak pada hasil rekaman secara langsung. Jika kedua hal ini tidak dikunci, bisa dikatakan bahwa fokus dan exposure akan senantiasa berubah karena gerakan yang dilakukan sehingga hasil rekaman bisa saja kurang maksimal. 

5. Mematikan stabilization 

Jika Anda merekam menggunakan gimbal, maka ada baiknya jika Anda mematikan fitur stabilization pada kamera. Dengan demikian, fitur stabilization yang digunakan berpusat pada gimbal saja. Ini adalah salah satu tips yang perlu diperhatikan dengan baik. Seringkali, dua stabilization yang aktif akan bertabrakan sehingga hasilnya justru kurang baik. 

6. Atur mode gimbal 

Hal lain yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan gimbal stabilizer kamera adalah dengan mengatur mode gimbal. Ini adalah langkah yang tepat yang sebaiknya harus Anda lakukan. Coba saja aktifkan beberapa mode yang tersedia dan lihat bagaimana pengaruhnya untuk rekaman yang akan Anda lakukan. 

Nah, beberapa poin di atas bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan gimbal stabilizer kamera yang Anda gunakan. Dengan tips di atas, gimbal akan menjadi alat yang sangat membantu untuk menghasilkan rekaman yang istimewa. Sebagai tambahan, akan lebih baik jika Anda juga menggunakan efek slow motion saat melakukan rekaman. Selamat mencoba!
Share on Google Plus

About Irwan Rifani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar